Back roll entry

Buat orang awam, salah satu hal yang paling famous dari scuba diving adalah cara masuk para diver ke laut dari perahu dengan menjatuhkan diri ke belakang. Cara masuk ini disebut dengan istilah back roll entry

Kenapa harus berguling ke belakang? Karena biasanya diver sudah gear up duluan di atas perahu dan menggunakan tabung di belakang punggung jelas saja tidak memungkinkan bagi diver untuk turun dengan loncat ke depan (bisa cedera cuy).

Walaupun kelihatannya seru, back roll entry adalah hal yang paling saya takutkan ketika akhirnya saya mencoba diving di open water. Rasanya gimana gitu harus jungkir balik ke belakang ke dalam laut, ntar kalo tiba-tiba ketarik ke bawah semakin dalam gimana coba -..-

Karena instruktur saya baik abis dan tau kalau sebenernya saya takut, dia memberikan waktu panjang kepada saya untuk menenangkan diri sebelum mencoba back roll entry. Sambil gear up, saya malah sempat memberikan pesan-pesan terakhir kalau-kalau saja saya tidak timbul lagi setelah back roll (wkwkwk, iyes saya se-anxious itu).


my dive buddies and the man who sat down beside me was my kindest instructor: Kak Toni
Well. agaknya kapten kapal yang megangin saya di pinggir kapal udah geregetan nungguin saya berani dan akhirnya dia main ngitung “Satu, dua , tiga…” dan melepaskan saya ke belakang sebelum saya kebanyakan mikir lagi. Bener-bener dah ini…

Akhirnya saya pun merasakan sensasi tenggelam beberapa detik dan membiarkan badan saya pasrah terapung dengan sendirinya daripada harus panik ketika tenggelam.

Taraaaaa… Saya pun muncul kembali ke permukaan, cari tombol inflate supaya BCD mengembang, mengganti regulator dengan snorkel, dan memberikan sinyal oke, sebelum terhempas ombak besar yang membuat saya kembali panik dan instruktur saya terpaksa megangin saya supaya saya tenang. Ya gimana ga panik coba, cuaca lagi buruk banget ketika itu.

And that was it, my first back roll entry. Di dive berikutnya, kami tidak melakukan gear up di atas kapal, tapi di permukaan laut, which is ini ternyata lebih nyebelin daripada back roll entry. 

Hari ini, 24 jam setelah back roll entry pertama saya, OMG ternyata hal yang paling terbayang dari open water dive saya kemarin adalah apa yang saya lihat dan rasakan pada detik-detik ketika saya tenggelam di laut setelah back roll entry

Ternyata hal yang paling saya takutkan adalah hal yang paling saya sukai sekarang. Hahahaha. Dasar manusia.

*tulisan ini sebelumnya dimuat di Tumblr saya, which is anonymous.


Please follow this link to read the first part and this link to read the second part of my open water scuba diving course story.

Komentar