Sepiring makan yang khusyuk

Source: QuotesGram

Sejak tahu ada yang namanya mindful eating, saya sempat beberapa kali mencobanya. Terjemahan bebas mindful eating tuh kira-kira makan tapi ya makan aja: sadar kalo kita lagi makan. Ya emang kelihatannya sederhana sekali, tapi ternyata susah juga menerapkannya. 

Coba-coba, siapa yang di sini terbiasa makan tapi ga sambil nonton? 

Hebat kalian. Ini merupakan awal mula yang bagus dari mindful eating. Selebihnya tinggal dirasakan saja: ini gue lagi gigit apa ya, oh pedes deh ini tapi bisa ditahan, eh ini ada bumbu apa ya yang enak ini, oh kayak gini rasanya kalo ditambahin lengkuas... Ya kayak gitu lah kira-kira mindful eating. 

Ngapain sih kok ribet banget mindful eating? Seperti juga dengan tumbuhnya diskursus tentang praktik mindfulness, mindful eating juga diharapkan bisa mengurangi overthinking setidaknya selama beberapa menit dalam sehari.

Saya tipe yang ga suka meditasi duduk diem doang supaya mindful. Saya lebih suka melakukan kegiatan lain sambil berusaha sadar. Caranya ya tadi bisa dengan mindful eating, mindful showering, mindful washing dishes (seriously!), mindful painting, dan lainnya. 

Akhirnya, piring mindful saya

Oke, balik ke kegagalan mindful eating saya. Awalnya niat saya mindful eating itu biar sekalian diet, jadinya saya sadar udah lumayan banyak nih porsi makanan yang saya makan jadi kalau saya lapar, itu nafsu aja bukan kebutuhan. Eh dasar ya kalau niat kurang lurus, ga dapet juga tuh makan dengan mindful

Sampai suatu hari... Alias hari ini... 

Saya tuh baru saja beli gepuk ayam di bazar kantor. Eh ternyata enak banget rasanya. Saya mulai makan dengan perlahan. Saya rasakan berapa enaknya gepuk campur nasi yang ada di mulut saya. 

Perlahan, saya mulai makan dengan sadar. Saya menyadari setiap kunyahan saya. Kombinasi yang lezat antara nasi dan gepuk ayam membuat saya menikmati momen itu. Saya lupakan keributan yang selalu diciptakan anak-anak saya di rumah. Ayolah, saya sedang makan enak dengan sadar. 

Saya beberapa waktu lalu memahami bahwa mindfulness itu bukan barang baru. Ini praktik yang lama banget udah dilakukan. Kalau di agama Budha mungkin dikenal dengan meditasi, di agama Islam menurut saya, mindfulness itu sama dengan khusyuk.

Kalau kamu bisa sholat yang khusyuk: sholat bukan cuma untuk menggugurkan kewajiban, tapi beneran kayak lagi dialog dengan Allah, itulah mindfulness. Tapi jujur, saya sholat yang khusyuk juga jarang-jarang. 

Dan hari ini, di tengah merasakan kenikmatan gepuk yang lezat itu, saya pun menyadari. Alhamdulillah Ya Allah, rezeki itu emang beda-beda ya. Saya merasa berkecukupan banget dengan makanan yang lezat ini. Saya merasakan ini rezeki dari Allah. Mbok ya kamu sadar kalau rezeki kamu ga ada kurang-kurangnya. 

Iya, dari sepiring makan yang khusyuk ini saya akhirnya sadar kalau rezeki Allah itu selalu ada. Tinggal kitanya aja mau sadar atau nggak. Mau ngeluh terus atau nggak. Alhamdulillah 'ala kulli haal. 

Komentar

  1. Assalamualaikum, salam kenal ya kak ^^

    Oh iya saya juga sudah pernah baca tp dimana ya lupa hihi. Intinya begini, kalau saat makan kita bisa duduk tenang dan fokus menikmati makanan, kita akan mendapatkan keberkahan dari rezeki tersebut. Dan ternyata betul ya kak. Saat kita bisa melakukan mindful eating, kita bisa mencecap rasa yang tersaji di piring. MasyaAllah.

    BalasHapus

Posting Komentar