Berbagi nikmat untuk mereka yang dekat


Lima bingkisan cantik sudah siap. Saatnya diberikan untuk mereka yang dekat: para tetangga. 

Saya tuh pada dasarnya seneng ngasih-ngasih barang ke orang lain. Kayaknya ini belajar dari ibu saya deh yang love language-nya, kayaknya, receiving gift. 

Tapi ini dugaan saja ya, bisa jadi memang ibu saya terlatih sekali ngasih-ngasih ke orang karena saya juga melihat hal yang sama dari eyang putri (ibunya ibu saya). Dari kecil, saya selalu bertugas mengantarkan makanan ke tetangga pada saat lebaran. 

Yang saya sebut terakhir ini sebetulnya adalah pengalaman yang cukup aduhai tak terlupakan. Bayangkan saja, saya harus mengantar makanan ke rumah tetangga eyang putri padahal saya tidak tinggal di situ! Jadi saya yang masih bocah SD dikasih tau oleh eyang,"Si ibu anu tinggal di rumah yang ini ya" 

Trus kucluk-kucluk saya bawa hantaran bareng sepupu saya. Lalu saya harus ga tau malu ngetuk pintu rumah orang yang ga saya kenal ini dan saat dibukain saya bilang "Ini dari Bu Hardjan."

Saya waktu kecil introvert sekali jadi capek ngerjain gini. Sempet jatoh juga di pager rumah orang gara-gara tugas ini wqwq.

Tapi tanpa sadar, eyang putri sudah bikin contoh, lalu muncul lah sambungan di otak saya bahwa gitu loh caranya memperlakukan tetangga. Tanpa sadar, saya membawanya sampai saya dewasa, berumah tangga, pisah dari orang tua, lalu punya anak.

Kirim-kiriman hampers yang kekinian itu

Sejak masa pandemi kayaknya ngirim-ngirim hampers mulai tren ya saat lebaran. Waktu itu saya terkejut dengan betapa banyaknya suami saya mendapatkan hampers, trus ga ada yang ngasih saya hampers. Hahahah. Dipikir-pikir sedih juga sih.

Tapi tahun berikutnya saya bertekad, oke ga perlu puyeng ga dikasih hampers, saya bakal jadi orang yang ngasih hampers! Ngapain kan capek-capek nungguin kebaikan orang di saat kita sendiri yang punya kendali untuk melakukan kebaikan ke orang lain?

Daripada sibuk ngasih ke temen-temen nun jauh di sana (meskipun ada juga sih yang saya kasih), saya memutuskan untuk mengirimkan hampers ke orang terdekat alias tetangga.

Sebetulnya saya rada ansos di sekitar perumahan sini karena harus kerja dan sering pergi-pergi, kalau WFH pun saya akhirnya ngerem diri di rumah aja daripada bersosialisasi. Ga tau lah sejak punya anak saya jadi ga terlalu demen nongki-nongki. Rasanya energi dan waktuku habis, I prefer to read books lah, LOL.

Tapi saya ga merasa secure juga dengan sikap ini. Kalo ga kenal tetangga, you mau minta bantuan siapa kalo kepepet? Jadi ya sudah tipis-tipis saya coba kenalan sama tetangga dengan cara ini: ngasih-ngasih hampers! Sebuah ide cemerlang bukan?

Mari lanjutkan siklus yang baik ini: berikan teladan ke anak saya

Setelah beli-beli makanan untuk tetangga dan dihias ala-ala biar keliatan niat ngasihnya (wqwq!). Waktunya saya nganter hampers ke tetangga. Tentu saja saya ga berani kalau sendirian (aseli, gue kenapa jadi balik introvert begini yak), jadi saya ajak anak saya usia 3 tahun yang memang populer di kalangan tetangga (anak-anak ternyata bisa lebih gaul dibandingkan ortunya).

Sekalian niat saya adalah mengajarkan keteladanan ini ke dia. Orang bilang "lead only by examples" ada juga yang bilang "walk the talk" nah inilah saatnya ga usah capek-capek ngomong, saya perlihatkan ke dia kalau begini harusnya memperlakukan tetangga.

Surprisingly, she was really happy to fulfill her duty! Ya, emang sih saya temani dia, tapi anak saya kayaknya ekstrovert deh ga kayak saya waktu kecil dulu yang pucet kalo ngasih-ngasih ke tetangga. Hahah.

Selesai dari ngasih-ngasih ke tetangga saya teringat eyang putri rahimahullah. Semoga pahala mengalir terus untuk eyang yang mengajarkan saya bagaimana caranya memperlakukan mereka yang dekat. 

Memang betul ternyata apa yang dilihat dan dipelajari waktu kecil, pasti akan terus diingat sampai dewasa. Tidak hanya yang buruk-buruk, tapi juga yang baik-baik seperti ini.




Komentar