MANTEN (1): Besok lamaran

Kalau cerita soal mantan kayaknya  sudah cukup sering ya. Hahaha. Kali ini saya mau menendang huruf A di belakang kata mantan dan menggantikannya dengan huruf E: MANTEN. 

Saya InsyaAllah akan segera menikah.

Nikah sama siapa lo? Gue kira lo jomblo?

Yaelah emang gue kudu cerita apa setiap pergerakan kisah percintaan gue. Males deh akuuuu ~

Setelah berbulan-bulan hiding under the rock, saya dan Si Anto (IYA JADI NAMANYA ANTO, selanjutnya kita panggil dia Masnya) tetap memutuskan untuk..... stay hiding under the rock. Hahaha. Tidak ada progress.

Saya sendiri sih sudah malas posting tentang relationship di media sosial saking malesnya ngeliat kelakuan selebgram dengan caption yang dibuat seromantis mungkin. Kadang saya berpikir beneran ga sih mereka sebahagia itu? Atau memang harus pura-pura bahagia karena tuntutan pekerjaan ya? Sedih amat. Mendingan tuntutan pekerjaan saya dong kalau gitu: pura-pura pintar. Sounds better...

Oke, ini tulisan jadi kemana-mana. Mari kita masuk ke intisari biar cepet...

Jadi begini rasanya sehari sebelum lamaran.

Rasanya kayak kerja di kantor sekaligus kerja di rumah buat nyiapin ini itu. Ndilalah kemarin rapat di Bogor jadi saya bisa pulang cepat dan menyiapkan apa-apa yang seharusnya disiapkan karena mama udah mere-mere akibat semua asisten tidak bisa bertugas. Hufth.

Seneng banget ga sih besok lamaran?

Hhhhmmmm... Ya gitu aja sih. Lebih ke khawatir malah. Sejak Masnya konkrit mau nikah sama saya, saya secara konstan selalu merasa khawatir. Khawatirnya lebih ke ga bisa memenuhi ekspektasi dia, apalagi ekspektasi keluarganya.

Ternyata ga seseneng itu ya mau lamaran, wqwqwq

Saya tidak yakin kalau saya bisa jadi "istri yang baik" what you name it. Saya benci dengan tuntutan. Mungkin saja Masnya ga protes soal ukuran ini, tapi belum tentu keluarga dia, atau malah yang lebih saya takutkan: keluarga saya justru yang menuntut apa-apa. Apalagi saya cukup berbeda: kerja kantoran, sibuk di kantor Senin-Jumat, sering ke lapangan, pergi pagi pulang malam... Kayaknya cap istri yang baik versi on the spot ga begitu deh... *sigh

Sempat suatu hari saya begitu insecure hingga meminta supaya si Masnya mau berpikir ulang mumpung masih ada waktu beberapa hari. Ya dia ga suka digituin. Wajar. Ga ada seorang pun yang suka digituin.

Kalau udah milih ya milih aja, ngapain sih pake disuruh mikir lagi?

Keesokan harinya saya meminta maaf dan mengaku kalau saya memang belum bisa menerima diri saya sendiri: self-acceptance saya rendah. Saya selalu merasa diri saya buruk dan tidak bisa apa-apa. Saya takut dihakimi.

Segitu takutnya... Wqwqwq.. Entahlah antara trauma atau bagaimana, saya memang selalu merasa layak untuk disalahkan.

Welcome to my life ya, To! Wqwqwq...

Ngomong-ngomong apa itu romantis?

Entah sejak kapan, saya mulai mual dengan romantisme. Ya, mungkin cocok di instagram. Tapi kalau di kehidupan sehari-hari, saya kayaknya ga mencari itu deh dari pasangan saya. Saya lebih butuh sahabat sih, dan butuh bos yang bisa omelin saya kalau saya mulai ngaco. Hahaha...

Dan buat saya yang mau lamaran besok, saya malah merasa ga ada hal-hal yang cocok untuk diromantisin. Apalagi tipe hubungan saya sama Masnya ya gitu santai banget, kayak sama temen.

Entahlah, saya pikir usaha untuk berteman dari awal lebih penting daripada usaha untuk jatuh cinta. Karena jatuh cinta bisa hilang begitu saja, tapi berteman bisa kamu lakukan sepanjang hidup.

Selebihnya saya ingin lebih banyak melibatkan Allah dalam hubungan kami. Saya tidak ingin merasa memiliki apa-apa di hidup ini, bahkan dalam hal pasangan hidup. Kalau Allah berkehendak, bisa dengan mudah semua ditarik dari saya dan kembali pada-Nya. Kejadian yang menimpa teman saya yang suaminya meninggal akibat kecelakaan di JT610 menyadarkan saya akan hal ini.

Jadi jatuh cintanya sama Allah saja... Berharapnya sama Allah saja... Allah itu sebaik-baik perencana kok.

DAN AKHIRNYA....

Sehari sebelum lamaran, saya masih masuk kantor. Masih dengan rutinitas biasanya dan besok *jeng jeng jeng* Insya Allah status sudah berubah. Semoga tidak ada hambatan.

Sehari sebelum lamaran, saya pikir sering sekali saya tampil di minggu ini: di upacara peringatan hari pahlawan pada hari Senin sebagai pembaca pembukaan UUD 1945, di acara seminar akhir penelitian pusat penelitian saya sebagai MC, dan besok sebagai yang dilamar, icikiwir...

Sehari sebelum lamaran, saya masih bingung kenapa secepat ini hidup bisa berubah. Tahun lalu kayaknya saya masih sangat sedih dan merasa ingin complain terus soal hidup ini. Ternyata tahun ini, Allah memang punya rencana sendiri.

Sehari sebelum lamaran, rasanya saya makin cinta... cinta sama Allah...

Oh ya, lo emang udah seyakin itu sama Anto?

Ya kagak juga sih, saya yakin nikah sama siapapun bahagianya beda dan deritanya beda, namanya juga nikah sama manusia kan? Tapi pada akhirnya saya yakin untuk mau berkomitmen dengan dia. Kenapa? SIMPLY KARENA DIA MAU SAMA GUE DAN GA NINGGALIN GUE DI SAAT YANG LAIN BERGELIMPANGAN.

Sabar buk... Sabar.... Wqwqwq, mohon maaf. Ya kadang untuk menikah itu tidak perlu alasan bombastis. Yang penting saya yakin, dia yakin, jalan lancar. Bismillah lanjut...

Doakan ya semoga besok lancar dan urusan kami berkah. Aamiin Ya Robbal Alamin...

Jakarta, 16 November 2018

Komentar

  1. Hai, mbak Kanet..
    Salam kenal, saya Riza temennya Anto yang sekarang jadi book advisor 😆
    Kalau mau minta seserahan Halo Balita, kabarin aja yah ada special price 🙈

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Kakak Riza... Salan kenal juga yaa.. Ku seneng banget merasa terhormat gitu di komen sama kakak. Jangan lupa subscribe ya 😜

      Hapus

Posting Komentar