Tantangan 30 Hari Bersyukur

Edisi tantangan untuk menuliskan kenapa harus bersyukur setiap hari selama Ramadhan.

Hari 1 - Senin, 6 Juni 2016

Saya bersyukur karena saya punya banyak teman yang percaya kepada saya. Saya bersyukur saya punya uang untuk belanja kebutuhan buka puasa. Saya bersyukur di Manchester ada tempe. Saya bersyukur masih bisa masak walaupun badan lemes. Saya bersyukur bisa menyelesaikan juz 1 hari ini.

Hari 2 - Selasa, 7 Juni 2016

Saya bersyukur karena saya bisa menjadi alasan orang lain untuk berbahagia. Saya bersyukur karena saya diciptakan sebagai manusia yang cukup jarang mengeluh, khususnya kalau diajak jalan. Saya bersyukur karena tempat belajar favorit saya sekarang sepi. Saya bersyukur karena akhirnya saya bisa pakai gelang di Manchester! Saya bersyukur karena walaupun hari ini saya lemas, teman-teman segrup pengajian saya ternyata masih semangat setor ngaji hari ini.

Hari 3 - Rabu, 8 Juni 2016

Saya bersyukur karena hari ini saya masih sanggup membantu program kerja teman-teman saya. Saya bersyukur karena saya bisa bertemu lagi dengan teman-teman dekat saya hari ini padahal baru tadi pagi saya bilang ke salah satu dari mereka, "Lama ga ketemuuuu..." Saya bersyukur karena salah satu teman saya men-japri saya hanya untuk menawarkan ta'jil gratis. Saya bersyukur karena akhirnya saya selesai mencuci baju yang sudah lama menumpuk.

Hari 4 - Kamis, 9 Juni 2016

Saya bersyukur karena saya bisa menyampaikan pesan selamat ulang tahun kepada sahabat saya. Saya bersyukur karena teman dekat saya di sini mengundang saya untuk buka bersama di rumahnya dalam rangka merayakan ulang tahun pernikahan dia. Saya bersyukur karena anak si teman dekat saya ini yang baru berusia enam bulan sudah mau digendong oleh saya. Saya bersyukur karena saya bisa berkumpul lagi dengan sohib-sohib lama saya. Feels like I have got my old life back.

Hari 5 - Jumat, 10 Juni 2016

Saya bersyukur karena akhirnya saya menemukan semangat untuk mengerjakan disertasi. Saya bersyukur karena hari ini sejuk dan hujan, lalu saya bisa menikmatinya dari dalam kamar. Saya bersyukur karena di kulkas masih ada bahan makanan.

Hari 6 - Sabtu, 11 Juni 2016

Saya bersyukur karena saya bertemu lagi dengan hujan di Manchester. Saya bersyukur karena saya yakin hari ini adalah hari terakhir saya kehujanan di Manchester karena akhirnya saya membeli payung baru berwarna merah dan bermotif polkadot, cute! Saya bersyukur karena saya sempat keluar rumah untuk membelikan teman saya kado. Saya bersyukur saya akhirnya bisa membeli eyeliner warna hijau idaman saya sejak tiga bulan yang lalu. Hehehe. Saya bersyukur karena saya bisa mendengar sendiri betapa ramainya suasana Euro 2016 di Inggris saat England bertanding. I will never forget that feeling ~

Hari 7 - Minggu, 12 Juni 2016

Saya bersyukur karena bisa makan ayam goreng lengkuas lagi ~ Saya bersyukur atas waktu yang saya habiskan bersama teman-teman. Saya bersyukur bisa makan faluda yang enaknya tiada tara. Saya bersyukur akan cuaca Manchester meski dia sulit dipahami seperti wanita ~

Hari 8 - Senin, 13 Juni 2016

Saya bersyukur karena payung baru saya manis dan berguna. Saya bersyukur karena ternyata bukan cuma saya yang clueless soal disertasi (LOL). Saya bersyukur karena buku yang saya inginkan masih ada di perpus dan bisa dipinjam. Saya bersyukur karena bisa makan soto setelah ratusan purnama berlalu ~~

Hari 9 - Selasa, 14 Juni 2016

Saya bersyukur karena punya banyak teman itu membahagiakan. Saya bersyukur bisa merasakan buka puasa di mesjid untuk pertama kalinya di Manchester. Saya bersyukur punya banyak teman yang bisa dijadikan pegangan ketika saya hampir jatuh.

Hari 10 - Rabu, 15 Juni 2016

Saya bersyukur karena masih ada orang yang percaya kepada kemampuan saya. Saya bersyukur karena setelah sekian lama akhirnya saya merasakan lagi rapat tatap muka (sebegitu seringnya rapat di PPI UK, tapi tidak pernah tatap muka). Saya bersyukur karena akhirnya saya menuliskan sesuatu di lembar kosong literature review saya.

Hari 11 - Kamis, 16 Juni 2016

Saya bersyukur karena saya menempati tempat duduk dan meja Algil yang super pewe, kesempatan mendapatkan meja itu jika Algil penuh adalah 1:1784 (approximately). Saya bersyukur bisa bertemu lagi dengan teman-teman dari Departemen Internal Organisasi PPI UK dan salah satu dari mereka menginap di kamar saya. Saya bersyukur karena makan nasi biryani di My Lahore super enak dan banyak.

Hari 12 - Jumat, 17 Juni 2016

Saya bersyukur karena saya bisa memberikan manfaat untuk orang banyak, meskipun tidak signifikan tapi sungguh membantu orang lain adalah sebuah kebahagiaan. Saya bersyukur karena bisa berjumpa dengan orang-orang baik, manis, dan hebat di PPI Greater Manchester.

Hari 13 - Sabtu, 18 Juni 2016

Saya bersyukur karena Allah mencintai saya dan senantiasa memberikan saya petunjuk :-)

Hari 14 - Minggu, 19 Juni 2016

Saya bersyukur karena akhirnya saya beneran mengerjakan disertasi (dan deadline-nya besok!). Saya bersyukur karena banyak orang yang peduli kepada saya.

Hari 15 - Senin, 20 Juni 2016

Saya bersyukur karena saya akhirnya mampu menyelesaikan Bab 2 meskipun bukan yang terbaik yang harusnya bisa saya berikan. Saya bersyukur karena saya cukup tangguh menghadapi badai perasaan ini.

Hari 16 - Selasa, 21 Juni 2016

Saya bersyukur bisa pergi bersama sahabat lama yang saya pikir sudah menggantikan saya tapi ternyata kemarin dia begitu peduli akan keadaan saya sehingga saya tahu dia tidak ingin menggantikan persahabatan kami dengan orang lain. Saya bersyukur karena saya punya banyak teman yang percaya kepada saya dan melibatkan saya di dalam drama kehidupan mereka (meski saya sendiri hidupnya penuh drama).

Hari 17 - Rabu, 22 Juni 2016

Saya bersyukur karena saya bisa menemukan jus mangga yang sudah lama diidam-idamkan. Saya bersyukur karena saya selalu bisa menempatkan diri sebagai orang yang dipercaya dan bisa diandalkan.

Hari 18 - Kamis, 23 Juni 2016

Saya bersyukur bisa makan makanan enak siang-siang dan saya mampu membayarnya (serta menghabiskannya). Saya bersyukur bisa menjadi pegangan untuk teman-teman yang sedang berada di dalam masalah. Saya bersyukur bisa bergaul dengan manusia jenis apapun baik pria maupun wanita. Saya bersyukur bisa bermain ke taman sore-sore dan ngobrol ngalur ngidul dengan teman-teman saya, sampai ada seorang kakek membawa kamera DSLR yang meminta izin untuk mengambil foto kami sambil berkata, "Ah you are beautiful people!" Perempuan mana yang tidak suka dibilang cantik ~

Hari 19 - Jumat, 24 Juni 2016

Saya bersyukur bisa mendapatkan feedback yang membangun dari supervisor dan saya akhirnya menyadari kalau disertasi ini tidak main-main (plus ternyata topik disertasi master saya sama dengan topik disertasi master supervisor saya, yeah!). Saya bersyukur bisa menambah lingkaran pertemanan dekat hanya dengan ditraktir makan di rumah teman.

Hari 20 - Sabtu, 25 Juni 2016

Saya bersyukur bisa makan makanan Indonesia yang super enak ketika ngumpul bersama teman-teman di hari ini. Saya lebih bersyukur karena saya tidak pernah dilupakan oleh mereka.

Hari 21 - Minggu, 26 Juni 2016

Saya bersyukur karena saya tidak perlu ngapa-ngapain di tengah cuaca mendung dan terkadang hujan ini (langsung bergulung di dalam selimut dan tidak produktif). Saya bersyukur karena bisa membantu teman saya meskipun kami terpisahkan jarak dan waktu.

Hari 22 - Senin, 27 Juni 2016

Saya bersyukur karena bisa nonton perdelapan final Euro 2016 tanpa begadang (dan, my favourite team, Italia menang!). Saya bersyukur bisa buka puasa super enak di My Lahore bersama teman-teman yang super sekali.

Hari 23 - Selasa, 28 Juni 2016

Saya bersyukur karena bisa mendapatkan ide untuk menyumbang ke tempat penampungan hewan akibat melihat video anjing terlantar yang terluka parah lalu sembuh setelah diselamatkan dan dirawat. Saya bersyukur karena tidak perlu ke mana-mana ketika hujan.

Hari 24 - Rabu, 29 Juni 2016

Saya bersyukur karena bisa belanja bahan kebutuhan makanan. Saya bersyukur karena bisa beli kue cokelat super enak di Tesco. Saya bersyukur karena tuna kaleng yang saya beli kemarin secara random ternyata enak. Saya bersyukur karena akhirnya mampu merevisi sebagian Bab 2. Saya bersukur masih bisa menyempatkan waktu untuk membagikan cerita di Facebook kepada orang lain.

Hari 25 - Kamis, 30 Juni 2016

Saya bersyukur karena bisa makan tongseng ayam super enak masakannya Uda Munas. Saya bersyukur bisa punya tempat nongkrong super asyik di Manchester bernama Burlington Street alias rumah Mas Agung.

Hari 26 - Jumat, 31 Juni 2016

Saya bersyukur karena berhasil melaksanakan i'tikaf pertama di dalam hidup di negeri orang dan bahagia. Saya bersyukur karena Allah meminta saya untuk semakin mendekat kepada-Nya.

Hari 27 - Sabtu, 1 Juli 2016

Saya bersyukur bisa berkumpul lagi bersama teman-teman saya yang somehow ngangenin. Saya bersyukur sudah melewati separuh tahun 2016 dan berdoa semoga segala kebaikan menyertai saya hingga akhir tahun.

Hari 28 - Minggu, 2 Juli 2016

Saya bersyukur karena hari ini cerah ceria dan saya bisa foto-foto cantik edisi musim panas ala-ala Manchester.

Hari 29 - Senin, 3 Juli 2016

Saya bersyukur karena bisa membantu teman saya, hari ini bahkan dalam dua hal. Satu dalam hal disertasi dan dua dalam hal memberi nasihat dalam kebaikan.

Hari 30 - Selasa, 4 Juli 2016

Saya bersyukur bisa menjalani sebulan puasa di United Kingdom meski entah Allah memperkenankan saya layak mendapatkan pahala puasa atau tidak namun saya bersyukur bisa merasakan pengalaman baru dan pelajaran hidup baru. Saya bersyukur bisa menemukan saudara di sini yang senantiasa menyadarkan saya untuk memilih menjadi manusia yang bahagia. Alhamdulillah. Taqabbalallahu minna wa minkum.


Komentar