Pengalaman TB Test Di RS Premier Jatinegara

Berniat untuk membuat visa pelajar ke UK? Sepertinya istilah TB Test sudah tidak asing di telinga kita (dan di mana-mana semua orang membicarakan tentang TB Test). TB Test merupakan cara cepat untuk menyebut tuberculosis test dan Indonesia merupakan salah satu negara yang visa applicants-nya diwajibkan untuk melakukan tes ini terlebih dahulu sebelum menetap di UK lebih dari 6 bulan. 

Ada tiga Rumah Sakit di Indonesia yang ditunjuk oleh Kedutaan Besar Inggris untuk menyelenggarakan TB Test:
  1. RS Premier Jatinegara
  2. RS Premier Bintaro 
  3. BIMC Hospital Kuta
Karena lebih dekat dari rumah (ya ga deket juga, secara rumah di Bogor -..-), saya memilih untuk TB Test di RS Premier Jatinegara yang beralamat di Jalan Raya Jatinegara Timur No. 85-87, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13310. 

Berikut langkah-langkah yang saya lakukan untuk TB Test di sana:
  • Booking dulu lewat telepon ya cyiiin, ke nomor (021) 2800888 pilih extention untuk Medical Check Up bukan Radiologi. Mbak-mbak operator akan sedia membantu Anda. Kalau kalian belum pernah daftar di RS Premier Jatinegara, nanti akan didaftarkan via telepon oleh operator dan jadwal Medical Check Up Anda akan ditentukan. Sebagai contoh saya menelepon RS Premier Jatinegara pada hari Senin, 22 Juni 2015. Waktu itu memang pas peak season anak-anak ngurus visa jadinya saya dapat jadwal hari Kamis, 25 Juni 2015 sebelum jam 12 siang.
  • Jangan lupa siapkan paspor asli dan 2 lembar foto 3x4 cm berlatar belakang biru (jangan lupa siapkan uang sebesar Rp 690.000 yeee.. Hiks).
  • Hari Kamis saya datang, naik commuter line dari Bogor turun di Jatinegara terus karena males akhirnya saya naik ojeg ke RS Premier Jatinegara. Bayar Rp 20.000 untuk jarak sekitar 15 menit (iya deket banget yak, katakan saja saya lagi males nawar ojeg berhubung lagi puasa).
  • Sampai di RS sekitar jam 10 pagi, saya langsung disambut oleh Pak Satpam yang dengan senang hati membantu saya mengambil nomor antrian untuk daftar TB Test hari ini. Setelah menunggu sebentar, saya dibantu oleh Mbak Frontliner untuk mengurus kartu pasien dan form pendaftaran TB Test.
  • Setelah itu, saya naik lift ke lantai 7 dan langsung belok kanan, taraaaaa... di situlah Ruang Medical Check Up. Masuk ke dalam (ga usah diketuk dulu pintunya, oke ~), langsung bilang ke Mbak Frontliner-nya mau TB Test untuk visa UK (karena yang ke Australia juga tes di situ). Nanti si Mbak Forntliner akan meminta kita menyiapkan paspor dan foto. Di balik foto, tulis nama dan tanggal lahir kita. Lalu kita diberi formulir pengisian sertifikat dan data-data lainnya. Sambil menunggu antrean, kita akan diminta mengisi formulir tersebut so kalau bisa bawa alat tulis sendiri yaaa.
  • Selesai isi formulir, langsung kasih ke Mbak tadi lalu kita diminta menunggu lagi. Beberapa menit kemudian, kita akan dipasangkan gelang pasien di tangan. Setelah itu, nama kita akan dipanggil untuk pembayaran (kita dapat souvenir gelas loh).
  • Menunggu lagi dan nama kita akan dipanggil (lagi) untuk tanda tangan. Ada 4 orang yang dipandu oleh seorang suster untuk menuju ke ruang radiologi di lantai 1.
  • Ternyata di bawah pun kita harus menunggu lagi untuk dipanggil oleh petugas di ruang radiologi. Jadi pastikan pada hari itu kita meluangkan waktu minimal 2 jam untuk TB Test.
  • Tiba giliran saya, saya diminta ganti baju di dalam sebuah ruang ganti. Dan eng ing eng hari itu saya menggunakan baju dobel-dobel ala ala trus kerudungnya ribet pula. Jadi tips saya khususnya buat yang pakai kerudung, pakai baju yang simpel-simpel saja biar ga ribet pas ganti baju pasien.
  • Lalu kita di foto, tapi ga usah senyum ya karena harus tarik napas dalam dan tahan napas. 
  • Selesai, ganti baju lagi (yang ribet itu, sial) dan balik ke kantor. Saya melirik jam tangan yang sudah menunjukkan pukul 12 siang. Oke dua jam nunggunya.
  • Kalau tidak ada telepon pada H+1, berarti hasil tes kita bagus. Hasil tes bisa diambil H+2 tanggal tes kita. Kuitansinya jangan hilang!
  • Namun, saya baru sempat ambil hasil tes pada H+4. Langsung saja ke Ruang Medical Check Up terus bilang sama Mbaknya mau ngambil TB Test lalu kasih kuitansinya. Finally, TB Test ada di tangan.
  • Jangan lupa mengucapkan ALHAMDULILLAH.


Komentar

  1. trims atas infonya ya kanetasya...

    Sangat membantu saya :-)
    Salam.
    Rahmat Saleh dari bandung

    BalasHapus

Posting Komentar