Mengurus Perpindahan Universitas di LPDP

Akhirnya setelah perjuangan yang super panjaaaang dan super berlikuuuu, akhirnya saya mendapatkan Letter of Acceptance (LoA) Unconditional dari University of Manchester. Alhamdulillah...

Setelah memegang surat sakti itu, saya harus mengurus perpindahan universitas di LPDP karena ketika mendaftar LPDP, saya mendaftar di Utrecht University. Sempat googling dulu di beberapa blog, saya agak khawatir juga karena ada yang bilang LPDP meminta syarat rekomendasi profesor di Indonesia tentang universitas baru yang kita ajukan which is makan waktu banget. Ada juga yang pengalaman pindah universitasnya memakan waktu seminggu padahal deadline LoA saya sudah sangat mepet.

Dengan mengucapkan bismillah, saya mengirim dua dokumen ini pada email saya ke lpdp.dkp3@kemenkeu.go.id pada tanggal 4 Juni 2015:
  1. Surat Permohonan Perpindahan Universitas yang di dalamnya memuat berbagai alasan/pertimbangan perpindahan universitas. Sebagai contoh saya memberikan pertimbangan bahwa peringkat University of Manchester lebih baik dibandingkan dengan Utrecht University (sebaiknya mengacu pada QS World University Ranking), selain itu fakultas yang saya ambil juga yang terbaik ketiga di dunia menurut QS World University Ranking di bidang Development Studies, dan terakhir mata kuliah di program studi International Development: Environment, Climate Change, and Development lebih menitikberatkan pada ilmu sosial sehingga lebih sesuai dengan jurusan saya ketika S1. Jangan lupa melampirkan buktinya seperti link website atau apapun. 
  2. LoA unconditional dari University of Manchester
Email saya langsung dibalas pada hari yang sama dengan pesan, "Berkas permohonan perpindahan universitas anda sudah saya terima, ditunggu 5 hari kerja. Terima kasih."

Sesuai janjinya (bahkan lebih cepat karena hari kerja tidak dihitung), LPDP menjawab email saya pada tanggal 9 Juni 2015 dengan Surat Persetujuan Perpindahan Universitas. Alhamdulillah ternyata dimudahkan dalam mengurus perpindahan universitas. Ternyata ga syulit seperti yang saya pikirkan.

Terakhir LoA dan Surat Persetujuan Perpindahan Universitas dikirim ke lpdp.dkp2@kemenkeu.go.id untuk mendapatkan kontrak dan draft Letter of Guarantee (LoG). Mengurus dua dokumen ini juga tidak sulit dan lama karena sehari setelahnya saya langsung mendapatkan LoG.

Itulah kenapa ayat "Di balik kesulitan ada kemudahan" diulang dua kali di dalam Al-Quran. :)

Komentar

  1. Halo...
    Perkenalkan saya Sesar. Saat ini sy jg akan mengajukan perpindahan jurusan karena beberapa alasan. Untuk format surat pengajuan pindha jurusannya apakah bebas? Kalau boleh, saya ingin tahu contoh surat pengajuan perpindahannya.
    Terimkasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Sesar!

      Maaf ya kalau saya telat balas emailnya. Oke, saya carikan dulu emailnya nanti saya teruskan ke email kamu. Boleh minta alamat emailnya? Good luck ya!

      Salam.

      Hapus
    2. Hi Mbak, nama saya diah.
      saya awardee LPDP PK 28 yang akan mengajukan perpindahan uni, apa saya juga bisa dikirim? priharsari@yahxx.com. maksudnya itu yahoo mbak, saya ganti xx untuk menghindari satu dan lain sebab. terima kasih banyak atas bantuannya.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. hello mbak kanetasya, saya Ilham awardee pk58, kebetulan saya juga ingin mengajukan perpindahan universitas. berkenankah mbak kanetasya mengirimkan contoh surat pengajuan perpindahan pd email saya? email saya: sacabrata@gmail.com

      Terimakasih.

      Hapus
    5. Halo mb Kanetasya. Saya mempunyai kasus yang sama dengan mb sesar. Bisakah mb kanetasya mengirimkan file format surat perpindahan jurusannya? Trima kasih. mohon balasannya segera ^^

      Hapus
    6. email saya veramusdalifah@gmail.com

      Hapus
  2. Halo, Mba.
    Perkenalkan saya Ayu Kartika.
    Saya pun berencana pindah kampus tujuan. Boleh saya lihat juga contoh surat perpindahannya, Mba?
    Terima kasih sebelumnya.

    Salam,
    Ayu Kartika

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Ayu! Boleh minta alamat emailmya? Aku gaptek nih jadi gatau gimana cara liat email kamu dari komen sini. Hehe

      Hapus
    2. Halo, Mba
      ini alamat email saya : akjt48@gmail.com

      terimakasih banyak :)

      Hapus
  3. Assalamualaikum mbk kanetasya, mbk boleh tau syarat2 k UoM g? Sy awalnya pilih RMIT Ausie tp pas interview disarankan pindah, trs search2 nemu UoM untuk international development, public policy and management, secara syarat IELTS sm dgn yg d Ausie, jd niatnya pengen pindah ksana, mbk boleh minta info syrat2nya g y sm contoh srt pengajuan pindahnya? Trma kasih sblmnya mbk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam Mbak, panggil Kanet aja, kalo Kanetasya kepanjangan. Hehehhee..

      Kebetulan International Development: Public Policy and Management satu pathway sama saya. Syaratnya bisa dilihat di http://www.manchester.ac.uk/study/masters/courses/list/01211/international-development-public-policy-and-management-msc/

      Kalau syarat perpindahan universitasnya sih sama dengan yang saya ceritakan di atas. Boleh minta alamat emailnya jadi saya bisa mengirimkan surat permohonan saya via email?

      Thanks

      Hapus
    2. Wah maaf mbk sy bru buka blog lg, alamat email sy bulan.ns79@gmail.com, i'll wait mbk thank you for sharing nya mbk hehheh

      Hapus
  4. Hi Mbak Kanet,
    Saya LPDP awardee juga, beberapa minggu lalu baru saja beres PK dan sedang mempersiapkan permohonan pindah universitas.
    Kalau berkenan, apakah mbak bisa kirimkan contoh surat permohonan pindah universitasnya?

    Selain itu apakah mbak melampirkan surat rekomendasi profesor?

    Terima kasih.

    Edi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Edi, boleh minta alamat email kamu? Alhamdulilah waktu ituaku diberi kemudahan jadinya ga diminta melampirka surat rekomendasi profesor. Mungkin karea alasanku sudah cukup kuat.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Hi Mbak Kanet,
      Thank you atas responnya. Email saya: edwardhandysatio@gmail.com.

      Alasan pindah universitas yang sedang saya ajukan adalah karena universitas tujuan yang baru memiliki ranking QS World yang jauh lebih tinggi dari universitas sebelumnya. Kira2 ini alasan yang cukup kuat tidak ya?

      Thank you :)

      Terima kasih

      Hapus
    4. Dear Mas Edi, sudah saya balas via email ya. :-)

      Hapus
  5. Wah menarik sekali ceritanya.
    Mbak kanet, kalau boleh saya juga ingin contoh surat permohonannya, email saya : jokovista@gmail.com.
    Terimakasih,

    Salaam,
    Joko

    BalasHapus
  6. Dear mba kanet, terimakasih inspirasinya, apakah boleh saya mendapatkan contoh surat permohonannya? Email saya:rahmawati.putri27@gmail.com

    BalasHapus
  7. Dear mba kanet, terimakasih inspirasinya, apakah boleh saya mendapatkan contoh surat permohonannya? Email saya:rahmawati.putri27@gmail.com

    BalasHapus
  8. Dear mbak Kanet,
    Saya bole minta contoh surat permohonannya? Email saya: s.elfiyanto@gmail.com
    Terimakasih

    BalasHapus
  9. Dear Mba Kanet
    Perkenalkan saya Dedih, kalau tidak keberatan saya mau meminta contoh surat perpindahan universitas ke email saya, dedihsuandi@yahoo.co.id.

    Oh iya mba,saya ada beberapa pertanyaan
    1. Mohon informasinya mengenai LoS (seperti apa? bagaimana prosedurnya)
    2. kalau mau mengajukan perpindahan universitas apakah harus sebelum PK atau bisa sesudah PK?
    3. Apakah LoG keluar saat hari terakhir PK atau bagaimana?

    Mohon maaf jika menganggu.

    Terima Kasih,

    BalasHapus
  10. Mbak kanet boleh minta juga untuk surat perpindahan univeristas nya? saya Dimas dari PK48, dimasardiyanta@gmail.com. Terima kasih.

    BalasHapus
  11. Selamat siang mbak, Bolehkah saya juga meminta contoh surat perpindahan universitasnya? kalau boleh mohon dikirim ke anggunwinursito@gmail.com
    sebelumnya terimakasih banyak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbak kanet..bolehkah saya diskusi dan tanya2 sm mbak..kebetulan saya calon awardee jg dan insya Allah akan studi di Universitas Manchester untuk intake 2016 mendatang. Email saya suryaokta1985@gmail.com tks

      Hapus
    2. Boleeeeh... Sudah saya email yaaa

      Hapus
  12. hai mba,, saya boleh minta contoh surat perpindahan universitasnya y.. ini email saya khairun.mint@gmail.com
    hatur nuhun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haaaiiii.. sudah saya kirim via email yaa.. Semoga bermanfaat

      Hapus
  13. Selamat pagi mbak, kalau boleh saya ingin minta contoh surat perpindahan universitasnya. Email saya: s_hananta@yahoo.co.id. Terimakasih

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum mbak
    Kalau saya belum daftar kampus tujuan utama saya saat wawancara, tp saya ingin pindah ke tujuan lain, apa harus ada pengajuan pindah kampus tujuan juga ?
    Saya belum ada loa sama sekali, ini masih bingung tetap pada pilihan pertama atau pindah
    Sama kalau boleh minta surat permohonan pindah punya mbak sbg referensi saya. Ini email saya ridzki93@gmail.com

    Terimakasih mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam Ridzki, setau saya waktu daftar LPDP harus menentukan universitas tujuan dulu bukan? Jadi kampus manapun yang pas awal masuk kita daftarkan itu adalah kampus tujuan utama kita. Kalau pada akhirnya kita memasukkan LoA dari kampus lain, kita harus tetap mengajukan perpindahan univ.

      CMIIW ya. Semoga sudah ga galau lagi.

      Hapus
  15. Selamat pagi mbak, saya juga berencana pindah universitas dan jurusan untuk LPDP tahun ini, apakah boleh saya meminta surat permohonannya ke adinda.syafri@gamil.com? Terimakasih, maaf mengganggu sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dikirim via email. maaf ya lama, kayak nunggu jodoh. loh ~

      Hapus
  16. Mbak, misalnya ya nih. Kita sudah ikut PK dkk gtu terus ternyata tdk diterima d univ tujuan kita gtu gmn y mbsk? Apa bisa, pindah univ dg alasan ini?
    Makasih sekali mbak.
    Ini email saya: odilia.renaningtyas@gmail.com jika mb. Kanet bersedia bls via email.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh, kalau begitu ceritanya aku kurang tau tuh. tapi karena sejatinya daftar universitas itu lebih mudah daripada daftar beasiswa, seharusnya sih ga perlu khawatir untuk daftar universitas. apalagi kalau sudah megang beasiswa.

      Hapus
  17. Mbak, misalnya ya nih. Kita sudah ikut PK dkk gtu terus ternyata tdk diterima d univ tujuan kita gtu gmn y mbsk? Apa bisa, pindah univ dg alasan ini?
    Makasih sekali mbak.
    Ini email saya: odilia.renaningtyas@gmail.com jika mb. Kanet bersedia bls via email.

    BalasHapus
  18. Hallo mb Kanet :D

    Terimakasih banyak atas share nya ya mba.. bermanfaat sekali terutama bisa menyemangati karena saya juga lagi deg-deg-ser mau pindah program studi meskipun ada di universitas yang sama.
    Mba kalau boleh saya juga mau izin minta sample format permohonan pindah program studi nya.. kalau berkenan bisa di kirim ke nabila.afif.93@gmail.com

    Sekali lagi makasih banyak mba Kanet, sukses selalu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sukses selalu juga Nabila! sudah aku kirim via email yaaa. maaf kelamaan, huhuhu

      Hapus
  19. Mbak yang baik,, bolehkah aku juga meminta surat perpindahan universitasnya? terimaksih banyak

    kartika.d.palupi@gmail.com

    BalasHapus
  20. mba..bolehkah saya minta format surat perpindahan universitas..???

    sita_awalunisah@yahoo.co.id

    BalasHapus
  21. mba..bolehkah saya minta format surat perpindahan universitas..???

    sita_awalunisah@yahoo.co.id

    BalasHapus
  22. Terima kasih mbak atas sharingnya, kalau berkenan saya juga minta contoh pengajuan surat perpindahannya mbak, ke moi.deka@gmail.com

    Terima kasih

    BalasHapus
  23. Halo, Mbak Kanet. :D Aku punya pertanyaan yang sama dengan penanya lainnya di sini. Jadi si surat syarat rekomendasi profesor itu sebetulnya tidak perlu dikirimkan kan, Mbak? Boleh minta contoh suratnya juga enggak, Mbak? :P Ke tamarnaomi7(at)gmail(dot)com. Makasih banyak ya, Mbak. Sukses! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dikirimkan dulu aja sis ke lpdp, kalau ada yang kurang kan pasti diminta tuh sama pihak lpdpnya. hehehe...
      sukses juga!

      Hapus
  24. Halo , Mbak Kanet. Boleh minta contoh surat perpindahan universitasnya mbak...? Makasih bnyak sebelumnya mbak. postingannya sangat membantu. sukses slalu mbak

    faizal_surya93@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo faisal, maaf kalo saya balasnya kelamaan. sudah dikirim ya.
      sukses selalu juga!

      Hapus
  25. Hallo Mba Kanet, saya juga kebetulan mau pindah universitas juga. saya boleh minta contoh surat perpindahan universitasnya mba? desica17@naver.com

    BalasHapus
  26. Hallo mbak kanet, boleh saya minta contoh surat perpindahan universitasnya mbak? Boleh dikirim ke email fatimahzahara29@gmail.com mbak? Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  27. Halo mba sy Rodrick sya awerdee juga sy bisa minta bantuanya untuk contoh surat perpindahan univ yg sebelumnya di daftarkan pada draf administrasi ketika pendaftaran ke Univ baru tapi univ tersebut masih dalam list LPDP jadi bgmn mekanisme dan suratnya mohon di balas ke email sy doddiejuraman@gmail.com.. terima kasih

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum, halo mba, saya juga merencanakan perpindahan universitas, boleh lihat contoh suratnya
    email sya Deedeliezta@gmail.com / dee_deliezta@yahoo.com
    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  29. Sangat membantu mbak, tolong kirim contoh surat perpindahan universitas ya mbak ke rianalexandria00@gmail.com makasih

    BalasHapus
  30. Mba minta contoh surat perpindahan dan file yg dikirim k dkp3 lpdp format nya jpg ato pdf ato apa? Terus dijadiin satu file ato dipisah pisah, kirim jawaban ya mba kuntobagassatrio@gmail.com makasih

    BalasHapus

Posting Komentar