"Chronic loneliness"

Minggu lalu saya tiba-tiba ingin menangis saja rasanya karena saya merasa sangat kesepian. Saya sesenggukan di kamar sendirian, benar-benar merasa kesepian. 

Keesokan harinya, saya akhirnya mencoba booking sesi konseling bersama psikolog langganan saya. Tapi ternyata tidak ada jadwal beliau yang cocok dengan jadwal saya. 

Hufth. Saya mengeluh lalu mengeklik dengan asal laman-laman yang ada di website ibunda.id sampai bertemulah dengan laman "Loneliness Test".

"Ok, let me try this one," kata saya dalam hati. 

Sebetulnya tes seperti ini tidak boleh ditelan mentah-mentah ya, harus juga didampingi oleh psikolog supaya tidak self-diagnose. Tapi seperti yang sudah saya duga, hasil yang muncul adalah "ya, kamu sedang merasakan kesepian kronis."


Istilah apalagi dah ini?  Jujur, tiga tahun bolak-balik konseling, saya menemukan banyak sekali istilah-istilah yang sebelumnya ga pernah saya dengar dari mulai conditional love, self-acceptance, trust issue, sampai abandonment issue.

Tapi ya sudah, sejauh ini konseling adalah satu-satunya jalan saya untuk setidaknya... well, punya teman ngobrol yang mengerti saya. Sedih ya kalau dipikir-pikir :) 

Kesepian dan hikmah cerita sahabat nabi

Saya pernah mendengar statement yang menurut saya bombastis kebenarannya ini: apa hikmah dari sirah Nabi Muhammad SAW yang isinya banyak tentang sahabat-sahabatnya? 

Allah ingin menunjukkan kalau orang hebat itu berisi lingkaran pertemanan yang luar biasa. You bakal lemah tanpa orang lain. Intinya itu. Makanya berhati-hatilah memilih siapa orang-orang yang berada di lingkaran terdekatmu karena mereka yang akan mempengaruhi kamu. 

Nah, kalau saya kayaknya terlalu berhati-hati memilih orang untuk dimasukkan ke dalam lingkaran sampai akhirnya "loh kok gue ga punya temen ya?"

Mau nyalahin trust issue tapi trust issue be like "gue lagi yang disalahin, hah?"

Mau nyalahin status saya sebagai ibu dua anak juga kayak "nyalahin anak mulu sih, napa dulu ga childfree aja?"

Mau nyalahin siapa lagi coba? Sejak rutin konseling, saya jarang sekali menyalahkan hal-hal yang ada di luar kendali saya. Karena sudah tau bakal capek sendiri kalo kayak gitu terus... 

Solusi jangka pendek saya?

TBH, I am not okay with this situation.

Saya sering banget mengerjakan segala hal sendirian: olahraga sendirian, nonton sendirian, ngafe sendirian, ke salon sendirian, ya pokoknya semua sendirian karena saya ga tau mesti ngajak siapa. Bahkan yang ngajak buka puasa bareng aja ga ada. Yang ngucapin selamat ulang tahun aja cuma satu orang. Parah ga tuh kesepiannya? Kronis ga tuh? 

Akhirnya yang saya lakukan ya udah working in my solitude. Saya membaca buku sendirian karena membaca kan ga perlu rame-rame. Saya jadi lebih khusyuk menulis sampe tulisan saya diterima di conference.

Ga buruk-buruk banget kan saya mengatasinya? 

Saya pun akhirnya ketemu jadwal yang cocok sama psikolog saya. Jadi akhirnya saya bisa punya temen ngobrol lagi dalam waktu dekat. 

Pertanyaan pertama yang paling ingin saya tanyakan ke psikolog saya adalah "kesepian kronis itu apa sih?"

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Peluk dulu kak. Setuju buat working in solitude.
    Penasaran sama jawaban psikolognya.

    Salam kenal sesama member Locita 🙌

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Kak Prima! Makasih banyak udah nyempetin baca dan komen. Hehehe aku udah konseling, katanya memang harus cari komunitas yang isinya orang berinteraksi. Jangan komunitas yang diem2an aja kayak silent reading. Tapi perlu dipantau juga nih kondisiku sampe 4-6 minggu ke depan kalo masih merasa kesepian berarti emang harus diterapi lagi :)

      Hugging you back, Kak Prima :')

      Hapus

Posting Komentar