My daughter started her school journey in 2022, she's still 2.5 y.o.

Kalau mau ngomongin apa yang salah sebagai ibu dan apa aja yang harusnya bisa diperbaiki kayaknya ga ada ujungnya. Yuk mari lihat ke fakta lainnya yang kayaknya ga disukai sama otak kita: small achievement and victory

Di tahun 2022 ini, kemampuan saya sebagai ibu upgrade sekali. Selain karena ada anak baru muncul, saya juga mengambil keputusan yang besar untuk anak sulung saya. Hasina memulai perjalanan sekolahnya di usia yang sangat muda: 2,5 tahun. 

Sebelum punya anak dan sebelum punya dua anak, saya mungkin ga kepikiran masukin anak ke sekolah saat dia masih 2 tahunan. Ngapain gitu? Apa orang kaya aja kali ya mau ngabisin duit? Emang di rumah ga bisa main apa? 

Eh ternyata pas ada di posisi tahun 2022 kemarin, saya ga ada bimbangnya masukin Hasina ke sekolah. Awalnya mau masukin dia ke sekolah dengan program beneran untuk anak 2 tahun. Tapi ternyata sekolah kayak gitu kebanyakan mahal ye. Saya mau sih masukin dia ke sekolah bagus itu tapi nanti ya ga sekarang. 

Akhirnya setelah survei ke beberapa tempat, Hasina ikut kelas play group di PAUD terdekat walaupun secara umur dia harusnya belum bisa masuk di kelompok bermain yang untuk usia 3 tahun. Tapi karena kepala sekolahnya mengizinkan, yaudah saya masukin aja dja ke sekolah itu. Waktu itu umurnya masih 2 tahun 7 bulan. Dia adalah anak termuda dan termungil di sekolah. Dia sekolah setiap Senin-Jumat jam 08.00-09.30. Lumayan udah ada kegiatan 1,5 jam tiap weekdays

Oh iya sebagai info, PAUD alias pendidikan anak usia dini di Indonesia itu terdiri dari Taman Kanak-Kanak (TK) dan Kelompok Bermain (play group). Jadi salah ya kalau mikir PAUD isinya bocah-bocah kecil yang sekolah sebelum masuk TK. 

Contoh kegiatan di kelas, udah diajarin huruf dan angka tapi sebisanya aja

Kenapa disekolahin sih bocil segitu? 

Jadi ada beberapa pertimbangan yang bikin saya yakin masukin anak ini ke sekolah:

1. Biar ada kegiatan aja. Jadi waktu itu saya cuti melahirkan dan saya kewalahan ngurus bayi new born dan toddler ini. Saya sempat membentak Hasina karena saya terlalu lelah mikir antara ngurus dia dan adiknya. Setelah dipikir-pikir, ada baiknya ngasih dia kegiatan yang bikin saya bisa punya ruang buat fokus ngurus adiknya dulu. Pokoknya ibu kalo fokus itu bisa berubah banget deh jadi bisa perform lebih baik. Jadi saya mulai lirik-lirik deh cari sekolah. 

2. Hasina sendiri adalah anak yang mudah bersosialisasi dan bukan tipe pemalu yang bisa nangis cuma gara-gara ketemu orang baru. Dia terlihat percaya diri ketika harus berinteraksi dengan orang lain. Dia sudah mengerti ketika dikasih arahan. Dia juga bisa berkomunikasi dengan lancar. Kebetulan kami berdua suka role play main sekolah-sekolahan di mana saya jadi gurunya dan dia jadi muridnya pakai worksheet yang ada di rumah. Dari situ saya tau kalau dia mampu sekolah karena dia bisa mengikuti semua arahan saya dan tampak semangat mencari tahu. 

3. Hasina bisa bereksplorasi dengan maksimal dan belajar banyak hal baru. Dia lagi di usia motorik kasar yang wadaw wadaw. Jadi kalau masuk sekolah, dia ada kesempatan untuk mainin segala macam permainan yang ada di sekolah termasuk bisa lari-lari di lapangan. Di sekolah juga dia bisa latihan motorik halus kayak menempel dan menggunting. Selain itu karena sekolah Islam, dia diajarkan juga doa-doa, surat-surat, ngaji dan sholat. Lumayan nyicil ngajarin dia jadi muslimah yang taat. 

4. Sekolahnya pun deket banget bisa jalan kaki dan biayanya murah. Ngurus toddler sekolah tentunya ga gampang. Seringkali dia ga tau kalo dia ada kewajiban sekolah jadi susah disuruh sarapan dan mandi. Jadi punya sekolah yang deket rumah tuh membantu banget. Apalagi biayanya murah karena memang sekolah dalam kompleks yang masih terasa kekeluargaannya lah. Pemiliknya adalah seorang ibu bekas psikolog anak yang sangat concern terhadap dunia anak-anak.

5. Lagi-lagi alasan terakhir adalah agar orang tuanya juga bisa kerja dengan tenang karena anaknya udah ada kegiatan. Perlu juga disebut, saya jadi punya ruang buat diri saya sendiri, suami pun begitu. 

Belajar sholat juga walaupun chaos


But nothing is perfect, isn't it? 

Tapi yang namanya anak sekolah pasti ada aja perjuangannya. Saya misalnya harus bangun lebih pagi untuk menyiapkan keperluan sekolahnya yang mana ini semakin seru lagi kalau saya ada agenda di kantor pagi-pagi. Belum kalau anaknya mogok jadi dia harus datang terlambat dan belum kalau adiknya ikutan bangun terus rewel. 

Di semester pertama, dia cuma berhasil ditinggal sekali di sekolah. Di hari lainnya? Kami gantian nungguin dia di sekolah. Mulai dari saya, mbahnya, dan pengasuh yang kerja di rumah kami pernah nungguin dia di sekolah. Belum ada yang berhasil meninggalkan dia di sekolah walaupun saya sekarang sudah mewanti-wanti Hasina untuk ditinggal di sekolah karena ngapain kan? Anaknya juga ga pernah nengok keluar nyariin. Saya sempet kesel sih sama Hasina kok dia ga kooperatif sekali sampai saya harus kerja di sekolahnya. Tapi yaudah disabarin aja. Bismillah semester depan mau ditinggal. 

Emang selama ini apa yang terjadi kalau ditinggal? Dia menangis meraung-raung. Saya agak susah sih ini sama trik nangis dia. Saya tau dia sebenernya bisa ditinggal tapi dianya belum mau aja. 

Gara-gara ga mau ditinggal ini, orang tuanya jadi sempet nyari mbak pengasuh pulang pergi yang tugasnya nemenin Hasina seharian. Eh yang namanya cari pengasuh di Facebook ini emang gampang dapetnya tapi gampang juga lepasnya. Setelah dua kali ganti, kami memutuskan udahlah repot pake jalan ini.

Kemungkinan besar semester depan, dia bakal dianter ke sekolah trus ditinggal lalu nanti dia dijemput sama pengasuh daycare deket rumah. Ini daycare-nya masih satu yayasan sama sekolah Hasina jadi gampang koordinasinya. Tapi itu baru rencana ya. Rencana dulu lah sambil ngasih tau anaknya. 

Eh ternyata beberapa hari ke belakang ini dia lagi mogok mencoba ke daycare. Dia nangis banget ketika saya menyebut dia harus di daycare besoknya. Katanya mau di rumah aja main sama adek. Akhirnya? Kami cari mbak PP lagi, wakakak.

Kesulitan lainnya ya, banyak acara ibu-ibunya yang aduh saya antara ga bisa dan ga mau dateng sih. Ada acara makan-makan lah, berenang bareng lah, dan lainnya. Sebetulnya saya ga masalah bergaul dengan mereka tapi karena saya sambil kerja jadinya kayak aduuuuh gimana ngatur waktu hamba ini kan. Padahal cuma mau ngasih anak kegiatan kok hamba jadi dikasih kegiatan tambahan. Huh. 

Macam ibu-ibu ambi ya kerja sambil nungguin anak sekolah


Yang paling penting saya melihat Hasina semakin berkembang

Saya masuk ke dalam kelas di seminggu pertamanya masuk sekolah. Dia masih grogi, menjawab pertanyaan guru dengan suara kecil, badannya ga mau bergerak, dia ga banyak menyapa temannya, ya keliatan sekali dia masih observasi. Setelah seminggu pertama berhasil, saya menunggu dia di luar kelas. Tapi ternyata dia aman-aman saja di dalam kelas. 

Hari demi hari, saya melihat perubahan dia di rumah: tiba-tiba banyak nyanyian baru dari sekolah, tiba-tiba baca doa setelah makan, tiba-tiba bisa baca surat Al-'Asr, tiba-tiba hapal 20 asmaul husna, tiba-tiba bisa menghapal gerakan olahraga dari sekolah, tiba-tiba bisa megang pensil dengan benar, tiba-tiba tau huruf dan angka, dan banyak perkembangan lainnya. 

Saya masuk ke kelasnya lagi suatu hari di bulan November gara-gara hujan. Saya melihat Hasina sudah sangat berubah dari awal dia masuk kelas. Dia sudah mulai banyak berinteraksi dengan teman-temannya, dia mau menjawab pertanyaan gurunya dengan lantang, dia sudah berulah tanda kalau dia merasa nyaman, dia bisa berteman dengan anak-anak dari kelas lain yang lebih tua dari dia, dia terlihat lebih percaya diri di sekolah. 

Hasil raportnya pun bagus untuk ukuran anak seumur dia. Dia dipuji memiliki kemampuan menyimak yang sangat matang untuk anak usia dia. Bahkan kemampuan dia berbicara, bersosialisasi, dan pengendalian emosinya juga lebih baik dibandingkan teman-teman sekelasnya. Alhamdulillah it's a relatively successful progress

Ke depannya kami masih punya beberapa rencana pendidikan yang lebih serius untuk Hasina, misalnya cari sekolah yang justru banyak bermain dan jalan-jalannya. Loh seriusnya di mana kan? Hahaha. Ya tapi ternyata kami tipe orang tua yang ga pengen anaknya terbebani aja. Jadi kalau sekarang dia senang di sekolah, berarti lampu hijau. Ke depannya juga saya khawatir dia bosen sekolah berhubung dia mulai sekolah dari umur yang masih sangat muda. Jadi buat kami, orang tuanya, yang penting anaknya banyak main dulu. Dari situ juga dia belajar banyak kok. Apalagi Hasina tipe yang bisa belajar sendiri tanpa perlu diajarin.

Di tahun 2023 ini, saya masih pengen dia mencoba latihan gymnastic dan renang sih untuk kemampuan motorik kasarnya. Apalagi dia anak pandemi yang di 2 tahun pertama di rumah aja ga ikut kelas-kelas apapun kayak anak-anak dari ibu FOMO jaman sekarang. Haha. 

Semangat belajarnya ya, Hasi!




Komentar