Rekomendasi Kelas Prenatal Yoga Online

Source: pinterest

Sudah bertekad mau nulis ini setelah lahiran. Alhamdulillah karena bocah sudah lahir sehat dan selamat, saya akan merealisasikan ide untuk membuat daftar, ulasan, dan rekomendasi kelas-kelas prenatal yoga yang pernah saya ikuti. Saya ikut kelas prenatal dari usia kehamilan 20 minggu. Sebetulnya ada beberapa kelas yang sudah bisa diikuti sejak trimester pertama kehamilan. Tergantung provider-nya. Jadi lebih baik dicek dulu ya. 

Ini dia daftarnya... 

Prisila Seran

Pertama kali ikutan prenatal yoga online ya sama Mbak Prisila ini karena dapet iklannya di instagram. Kelas Mbak Prisila ini bukan cuma prenatal yoga doang tapi ada kelas yang dikombinasikan dengan gerakan pilates (kelas prenatal yogalates), gerakan balet (prenatal yoga barre), dan kelas prenatal yoga yang menggunakan properti kursi tanpa lengan. Jadwal untuk setiap kelas sudah rutin setiap Minggu pagi, Selasa malam, Kamis pagi, dan Jumat sore dengan tema berbeda-beda. 

Kebetulan banyak kelas Mbak Prisila yang cocok dengan jadwal saya jadi saya beli paket 4 sesi senilai Rp 150.000, cukup murah kan. Para ibu-ibu yang pernah ikutan kelasnya juga digabungkan dalam satu grup untuk sharing jadwal kelas yoga plus tanya-tanya soal kehamilan. 

Saya juga suka dengan gerakan-gerakan yoga dari Mbak Prisila karena beneran gentle. Kadang ga keringetan tapi sudah cukup membuat saya bergerak dan tidak pegal-pegal selama kehamilan. Semua kelas worth to try banget kalau jadwalnya lagi cocok. Selain itu, kelas ini juga bisa diikuti oleh mereka yang baru di trimester pertama kehamilan. 

Sayangnya mungkin terlalu banyak peserta dalam kelas (ada sekitar belasan orang) jadi apakah gerakan kita sudah betul atau belum kurang diperhatikan oleh Mbak Prisila. Tapi mengingat gerakannya tidak sulit sih biasanya mudah untuk mengikuti. 

Kesimpulan: recommended

Instagram: @prisilaseran
Harga: Rp 45k per sesi, Rp 150k paket 4 sesi (dalam 5 minggu), Rp 275k paket 8 sesi (dalam 5 minggu) 
Jadwal: Minggu pagi, Selasa malam, Kamis pagi, dan Jumat sore


Bidan Kita

Siapa nih kira-kira ibu hamil yang belum follow akun bidan kita? Kayaknya hampir semua ibu hamil follow bidan kita lah ye. Hahaha. Bidan Kita oleh Bidan Yesie Aprilia ini memang salah satu pelopor kelas prenatal online, ga cuma yoga ya. 

Saya sempat ikut kelas breathing for birth saat memasuki trimester ketiga. Durasi kelasnya panjang sekali, mulai dari materi di pagi hari berlanjut ke sesi praktik, termasuk yoga, di siang hari. Lelah banget sampe ga bisa mikir. 

Karena terlalu lelah, saya pun urung untuk ikut kelas di bidan kita lagi walaupun sangat bermanfaat dan materinya lengkap sekali. Apalagi temanya bisa berbeda-beda antar kelas. Saya juga kurang menyukai konsep teori dulu baru praktik di hari yang sama. Untuk gerakan prenatal yoganya, Bidan Yesie sepertinya tidak perlu diragukan lagi ya. Tapi ya saya kurang sreg karena capek dan terlalu banyak orang (plus rada mahal). 

Kesimpulan: kalau suka kelas yang detail tapi orangnya banyakan dan kantong ga boncos ya silakan ikut aja

Instagram: @bidankita
Harga: Rp 250k (kelas breathing for birth
Jadwal: berbeda-beda, cek di instagramnya

Mifa Bhavana
Another kelas prenatal yoga yang ga saya lanjutin dengan alasan yang bakal saya ceritakan di sini. Awalnya ikutan kelas Mifa Bhavana karena mengikuti rekomendasi teman. Saya tergiur dengan sesi private yang cukup murah Rp 90.000 padahal di provider lain, sesi private bisa mencapai ratusan ribu. 

Pengajarnya berasal dari Jogja. Namanya Mbak Tata. Orangnya perfeksionis sekali sehingga dia meminta seluruh kelas online dilaksanakan secara private agar bisa melihat gerakan para peserta secara detail. Di pertemuan pertama, kami ngobrol mengenai rencana kehamilan dan persalinan serta pengalaman saya di kehamilan pertama. 

Di pertemuan awal, saya langsung digempur dengan latihan napas. Napas saya masih pendek-pendek padahal ibu hamil sebaiknya bisa tarik napas dalam minimal 10 hitungan dan buang napas dalam 12 hitungan. Cukup kagok karena Mbak Tata beneran menghitung sendiri napas saya dan saya jadi gugup. Padahal napas panjang membutuhkan ketenangan. 

Selain itu, alasan utama saya ga melanjutkan latihan di sini adalah karena terlalu banyak "harus" dalam gerakan yoganya. Misal, saya termasuk yang terbiasa melakukan downward facing dog dan gerakan ini tidak sulit kan? Tapi bersama Mbak Tata, sungguh gerakan ini terasa sulit karena saya harus mengikuti betul apa arahan Mbak Tata. Mulai dari kaki harus lurus, tulang ekor harus ke atas, kepala kurang masuk, dan sebagainya. Tubuh saya gemetar dan pedas. Begitu juga untuk gerakan lain yang sebetulnya sederhana. 

Saya kurang cocok dengan filosofi bahwa yoga harus sempurna. Menurut beberapa kelas yoga yang pernah saya ikuti, yoga itu bukan kompetisi kamu bisa atau nggak. Kita juga biasanya diajarkan untuk be gentle to our body. Kalau belum bisa sempurna ya sudah tidak usah dipaksakan. Misal, ga bisa downward facing dog dengan kaki lurus? Ya sudah kakinya ditekuk gapapa. Kebanyakan instruktur yoga akan bilang seperti ini. 

Akhirnya saya tidak melanjutkan lagi kelas private di sini. Mungkin menyerah, tapi mungkin juga sekali lagi, saya yang kurang cocok dengan filosofi kesempurnaan dalam yoga. 

Kesimpulan: kurang cocok buat orang-orang yang merasa yoga kudu santai dan bahagia

Instagram: @mifa_bhavana
Harga: Rp 90k untuk sesi private secara online
Jadwal: tergantung kesepakatan dengan instruktur

Narita Perwitasari

Ikutan kelas Mbak Narita karena rekomendasi dari temen yang kebetulan sama-sama lagi hamil. Dari instagramnya, Mbak Narita juga jadi instruktur yoga di nujuh bulan studio dan cerita lahir. Tapi beliau buka kelas sendiri setiap hari Minggu jam 9 pagi. 

Mbak Narita ini kayaknya emang instruktur yoga tulen dan ga kaleng-kaleng karena di kelasnya, saya merasakan beneran ber-yoga. Bukan berarti di tempat lain saya ga yoga ya, tapi sama Mbak Narita itu saya merasa lagi ikutan kelas yoga yang di youtube itu loh. Gerakannya, flow-nya, kesesuaian dengan temanya, dan selalu ada alasan kenapa gerakan ini dilakukan dulu menyusul gerakan yang lain. Hal-hal ini kayaknya yang bikin saya suka banget ikutan kelas Mbak Narita. Ditambah lagi, beliau juga suka memberikan banyak ilmu soal kehamilan dan persalinan. 

Di kelas Minggu pagi, biasanya yang ikut ga banyak orang. Beberapa kali malah saya bisa ikut kelas cuma berdua sama peserta lain. Jadi gerakan saya beneran diliatin dan kalo ga bener langsung dibenerin. Meskipun malu, saya puas sih dibenerin kalau salah. Ya namanya yoga, sekali lagi, bukan ajang bisa atau nggak bisa. Seperti kata Mbak Narita: be gentle to yourself di setiap gerakan yang menantang dan kami diminta pelan-pelan saja mempelajarinya. 

Pengalaman terbaik saya sama Mbak Narita: pas udah hamil 39 minggu, saya malah ikut kelas dengan tema prenatal energizing flow yang keringetan banget karena emang tema ini untuk meningkatkan ritme jantung. Aku bangga pada diriku sendiri yang tidak menyerah meskipun cukup berat. 

Kesimpulan: recommended banget banget! 

Instagram: @narita_ryt
Harga: Rp 50k per sesi
Jadwal: Minggu pagi jam 9

Cerita Lahir
Provider yang terkenal macam nujuh bulan studio atau smile birth mungkin kalian sudah sering dengar ya. Apalagi kelas-kelasnya selalu penuh dan, ya, mahal. Alhamdulillah saya ketemu sama provider yang ga populer banget, ya menengah lah, dan kelas-kelasnya ga menguras kantong. Namanya cerita lahir. Ketemu sama provider ini pun beruntung setelah saya nanya ke teman yang juga seorang trainer

Salah satu keunggulan cerita lahir adalah cocok untuk mereka yang senang dikasih materi-materi keislaman. Mereka menggabungkan antara ilmu dan pengetahuan mengenai kehamilan, persalinan, dan bayi dengan nilai-nilai Islam. Biar ga apa-apa depend on science banget lah ya bund ~

Selain punya kelas-kelas seperti child birth education dan semacamnya, ada juga prenatal exercise di cerita lahir. Pengajarnya ada beberapa orang dengan berbagai tema. Biasanya kelas online diadakan setiap hari Rabu, Jumat, dan Sabtu. 

Ikut kelas di cerita lahir secara keseluruhan enak sih karena ga terlalu banyak orang, kadang bisa cuma duaan di kelas dan harganya terjangkau. Pengajar favorit saya namanya Mbak Rika Widjono karena dia terlihat ahli, temanya selalu sesuai, dan enak menjelaskan gerakannya. Kalau pengajar yang lain juga oke lah tapi belum jadi favorit saya seperti Mbak Rika. 

Kesimpulan: recommended kalau yang ngajar Mbak Rika! Hehehe

Instagram: @ceritalahir
Harga: Rp 50k per sesi, paket
Jadwal: Rabu dan atau Jumat dan atau Sabtu jam 09.00

Sekian review dari saya. Semoga ada manfaatnya. Aamiin 😊

Oh iya, ada beberapa provider yang punya kelas couple yoga/exercise. Tapi berhubung saya ga pernah coba, dicek aja sendiri yaaa. 


Komentar