Tentang Kehamilan (2): Prenatal Gentle Yoga atau Senam Hamil?

Sebagai bocah yang tingkat ketidakpercayaan dirinya terlalu tinggi, saya relatif selalu mempersiapkan diri dengan matang. Termasuk soal kehamilan ini, saya sudah cari tahu soal prenatal gentle yoga dan senam hamil sejak trimester pertama. Lebay banget kalo dipikir-pikir. Tapi yah memang saya kalau stress bawaannya pengen olahraga.

Dari hasil pencarian online saya, ternyata dua jenis olahraga kehamilan ini memang berbeda. Prenatal gentle yoga (PGY) sangat khas dengan gerakan-gerakannya yang lembut dan bagi saya sih kayak sedang menari sambil ngangkat-ngangkat tubuh. PGY fokus untuk melenturkan otot dan melatih napas. PGY sudah bisa dilakukan sejak kehamilan minggu ke-20.

Ini nih manfaat PGY dari web Bidan Kita yang memang selalu ngomporin untuk aktif bergerak. Alhamdulillah memang PGY bikin saya jauh dari sakit badan selama hamil

Kalau senam hamil ya lebih kayak senam yang gerakannya lebih "kaku" tapi fokus ke pembentukan otot dan biasanya jadi ajang kenalan sama bidan-bidan di provider persalinan serta kenalan dengan bagaimana nanti mereka mengarahkan kita pada saat persalinan. Karena lebih banyak manfaatnya untuk persalinan, senam hamil biasanya direkomendasikan oleh provider sejak kehamilan minggu ke-30.

Balik lagi ke cerita saya yang insecure ini, saya memutuskan untuk mulai PGY sejak menginjak minggu ke-20. Ambisius sekali. Wqwqwq. Tapi satu dan lain hal menjadikan saya baru mulai PGY di minggu ke-23. Ini semua karena saya galau mencari tempat yoga. Dari hasil browsing, ada tiga tempat di mana saya akhirnya bisa menikmati PGY (catatan: rumah saya di sekitar Pondok Gede)


PRENATAL YOGA JAKARTA TIMUR

Pertama kalinya ikutan yoga, saya datang kucluk-kucluk sendiri ke sini. Ada sebuah TK yang ruangannya dipakai untuk yoga. Yang ngajar bergantian. Hari itu saya diajar oleh Bidan Cindy.

Yang saya suka dari tempat ini karena orangnya lebih sedikit. Wow banget ga sih pertama kali yoga dan cuma ada dua orang di kelas? Walhasil segala gerakan saya diperhatikan dan durasinya juga lumayan panjang jadi yang baru pertama kali yoga sudah pasti ngos-ngosan.

Pulang-pulang sakit badan dan akhirnya mandi air anget. Wqwqwq.

Selain kelas reguler, di sini juga ada kelas couple dan aqua setiap sekali sebulan. Sayangnya karena suami ga mau ikutan yoga dan kesempatan yang terbatas membuat saya gagal ikutan dua kelas lainnya.

Kendalanya buat saya kenapa akhirnya cuma sekali ke sini sih karena lumayan jauh dari rumah dan jadwalnya siang/sore padahal saya lebih suka olahraga pagi.

Jadwal: Minggu jam 13.00 atau jam 16.00 (jadwal bergantian dengan kelas couple dan aqua)

Alamat: TK Khalifah Pondok Kelapa, Jalan Haji Naman No. 6 Pondok Kelapa, Jakarta Timur

Biaya: Rp 150.000 untuk kelas reguler (Rp 200.000 untuk kelas lainnya)

Info pendaftaran: 087851177121


KLINIK HYGEA

Kalau yang ini kayaknya sudah lumayan famous deh karena setiap datang ke sini pasti kelasnya full. Bahkan pertama kali datang ke sini di minggu ke-25, saya sampai masuk ke kelas tambahan di hari Sabtu karena kelas biasa di hari Minggu sudah penuh.

Luar biasa ya ikhtiar emak-emak yang lagi hamil ini.

Yang mengajar selalu Bidan Rani yang komunikatif dan langsung hapal siapa nama saya sejak awal ketemu. Sebagai orang yang namanya susah, saya sangat mengapresiasi hal ini. Bidan Rani adalah seorang bidan di bawah squad-nya Bidan Amel.

Yang saya suka dari tempat ini adalah jadwalnya dan seru aja denger cerita-cerita kehamilan emak-emak lainnya satu-satu (karena selalu ada sesi ini sebelum mulai yoga). Yang ga saya suka cuma satu: tempatnya sempit banget.

Ini provider PGY yang paling lama saya ikuti. Sampai 3 kali dan terakhir di minggu ke-35 sebelum saya migrasi ke Bogor.

Jadwal: Minggu jam 07.00 dan jam 08.30

Alamat: Klinik Hygea, Jl. Dewi Sartika No.261, Cawang, Kramat Jati, Jakarta Timur

Biaya: Rp 80.000 per kedatangan (ada paket bulanannya juga, monggo dicek lagi)

Info pendaftaran: Bidan Rani (081905914039)


RS HAJI JAKARTA

Jadi ceritanya, saya galau belum ikut senam hamil padahal sudah hamil 30-an minggu waktu itu. Provider persalinan saya ada di Bogor (BMC Mayapada Hospital), sementara rumah saya di Pondok Gede. Kan ga mungkin ya setiap weekend ke Bogor, cape uga.

Secara random, saya telepon beberapa rumah sakit terdekat dan menemukan kalau ada PGY di RS Haji. Saya memutuskan untuk ikut PGY di sini karena jaraknya lebih dekat daripada ke Klinik Hygea dan jadwalnya juga asyik jam 9 pagi. Batal deh rencana senam hamil karena memang tidak ada provider-nya di sekitar tempat tinggal 

Di sini kami diajar oleh Bidan Gita. Ruangannya luas, AC-nya bikin keringetan cepat menghilang, dan entah kenapa saya merasa durasinya juga jauh lebih panjang. Kalau gerakan sih mirip-mirip lah ya.

Yang saya ga suka cuma prosedur rumah sakit yang bikin ribet. Harus daftar dulu di mana, bayarnya di mana, dan alhamdulillah saya nyasar naik lewat lift yang mana tapi turunnya ke lift yang mana.

Oh iya, kalau di RS Haji, baru boleh ikut PGY di minggu ke-30 dan waktu itu saya sudah minggu ke-32. Kalau ambil paket tiap pekan biayanya jauh lebih murah tapi karena kehidupan saya tidak menentu, saya tidak jadi ambil paket bulanan.

Jadwal: Sabtu jam 09.00 

Alamat: RS Haji Pondok Gede Jakarta Timur

Biaya: Rp 75.000 per kedatangan (monggo dicek lagi kalau per bulan berapa)

Info pendaftaran: Bidan Gita (081299290984)


Karena saya anaknya ambisius, jadi ikutan kelas setiap minggu saja tidak cukup ya. Apalagi sering disebut-sebut kalau ibu hamil trimester tiga itu tidak boleh malas!!!! Jadilah saya juga sering gerak-gerak lucu di rumah dibantu oleh YouTube (terima kasih internet).

Beberapa video favorit saya buat melantai di rumah:

Panduan Mudah Senam Hamil Trimester 2 - 3 di rumah oleh Kriwilife

Yang ini lumayan mudah banget cuma sedikit ngangkat-ngangkat badan. Biasanya saya pakai ini kalau lagi mager atau kesiangan.

Yoga Untuk Lancarkan Persalinan dengan Doula Jamilatus Sa'diyah oleh Parentalk ID

Kalau mau agak serius, bisa pakai video yang ini. Gerakannya juga mirip-mirip sama yang di kelas PGY jadi saya sudah sangat familiar. Sayangnya durasi terlalu cepat jadi biasanya sebelum doi pindah ke gerakan berikutnya, saya pause dulu untuk menikmati nafas.

Bumil Wajib Coba! Bantu Janin Turun ke Panggul Bareng Bidan & Doula Mila oleh Parentalk ID

Lagi-lagi sama Mbak Mila ya memang lembut banget orang ini ngajarinnya. Tapi ini khusus minggu-minggu 30-an ke atas dan ketika posisi bayi tidak sungsang atau lintang. Gerakannya ga sulit tapi kelihatannya membantu adik bayi semakin turun ke panggul (dengan afirmasi dan sugesti).

ANDIEN PREGGO STORY - PRENATAL YOGA SESSION oleh Andien Aisyah

Kalau yang ini serius banget. Udah kayak masuk ke kelas PGY. Tapi beberapa gerakan agak kurang familiar dengan yang biasa diajarkan di kelas PGY yang saya ikuti dan durasinya lumayan panjang ya jadi kalau mau coba ini brace yourself!


SENAM HAMIL DI BOGOR MEDICAL CENTER (BMC) MAYAPADA HOSPITAL

Sejak usia kandungan 30 minggu, saya pindah kontrol ke rumah sakit BMC yang sekarang sudah merger (atau diakuisi?) oleh Mayapada. Sebelumnya saya biasa kontrol di RS Jakarta. Kenapa pindah? Karena supaya bisa lahiran dekat rumah ibu saya dan bertahun-tahun tinggal di Bogor membuat saya lebih kerasan sama kota ini.

Sejak kontrol pertama dengan Dr. Arina Indriany, SpOG, saya langsung diminta untuk ikutan senam hamil, terus saya bilang, "Tapi saya udah ikut yoga, Dok? Emang beda ya?" dan dokternya menjawab "Beda."

Dan benar saja. Ikut kelas ini memang tidak bikin berkeringat kayak kelas PGY, tapi banyak juga pengetahuan yang didapatkan. Selain diajarkan gerakan senam yang lebih mudah diingat dan dipraktikkan di rumah, senam hamil di BMC juga mengajarkan latihan mengejan (ngeden kayak pas bersalin itu loh), dan sering banget kita bisa ngobrol sama bidan yang jadi instrukturnya di dalam kelas ini sehingga proses persalinan di rumah sakit ini lebih terbayang.

Bidan yang menjadi instrukturnya berbeda-beda di setiap kedatangan. Katanya supaya ibu-ibu bisa kenalan sama bidan-bidan di sini jadi pas ketemu di ruang persalinan ga terlalu canggung. Selain itu, bidan-bidan ini juga memperkenalkan panduan-panduan tertentu yang biasanya dipakai di ruang persalinan, kayak "Tiuuuup..." itu artinya apa atau ada gerakan namanya "rocking" itu seperti apa.

Kira-kira begitu yang saya dapatkan dari kelas senam hamil yang memang jauh lebih fokus ke proses persalinan ini. Kalau dibilang mendingan ikut mana, ya sama saja manfaatnya. Yang jelas saya merekomendasikan siapa pun untuk ikut kelas di provider persalinannya. Supaya lebih familiar aja karena kalau tak kenal maka tak sayang. Uwuwu.

Jadwal: Rabu jam 14.00 dan Sabtu & Minggu jam 08.00

Alamat: BMC Mayapada Hospital, Jl. Pajajaran Indah V No.97, Baranangsiang, Kota Bogor,

Biaya: Rp 25.000 per kedatangan

Info pendaftaran: WhatsApp ke 08111015354 atau telepon ke 02518307900

Komentar